Minggu, 25 September 2011

ILMU ALAMIAH DASAR - ASAL - USUL MANUSIA


   helloooooooooo!!! untuk semua pembaca blog saya ini, saya akan menulis beberapa sumber - sumber ilmiah mengenai asal - usul ada nya manusia. sebelumnya, apakah anda sudah mengetahui beberapa teori yang menyatakan tentang tema saya kali ini ? bila belum, silahkan membaca isi tulisan ini :D
tujuan saya menulis blog ini adalah untuk mereferensikan beberapa informasi yang telah saya dapat serta menginformasikan kepada pembaca, terutama untuk dosen saya ibu Erma semoga ibu menyukai isi tulisan saya ini :) saya akan memulai untuk mengisi tulisan ini dari beberapa pendapat atau sumber yang sudah terbukti kebenarannya ... sebelum saya memulai saya ingin mengucapkan terima kasih bagi pembaca semoga isi blog saya ini bermanfaat yah, dan dengan senang hati bila ada yang ingin mengomentari silahkan saja sebagai kritik dan saran nya.. selamat membaca!!! 

   pertama - tama saya akan mereferensikan asal - usul manusia dari satu sumber terpercaya bernama Charles Darwin, pasti pernah mendengar nama ini sebelum nya bukan? ketika kita berada dibangku SMP dan SMA dalam pelajaran sejarah. 



ia lahir di Shrewsbury, Shropshire, Inggris, 12 Desember 1809 ... telah menyatakan bahwa setiap spesies saling berhubugan satu sama lain, dan memiliki "common ancestor" atau satu garis dari keturunan. menurut dia, spesies yang ada sekarang ini merupakan keturunan dari spesies sebelumnya. ia memiliki karangan buku mengenai asal - usul manusia dalam buku berjudul "On the Origin of Species by Means of Natural Selection" 



yang menyimpulkan bahwa Spesies pada dasarnya memiliki fertilitas yang sangat tinggi. Jumlah keturunan yang dilahirkan lebih banyak dari keturunan yang bisa mencapai usia dewasa. tentu saja ini sangat bepegaruh, kedua Populasi kira-kira tetap berjumlah sama, dengan sedikit perubahan, ketiga Pada spesies yang melakukan reproduksi secara seksual, biasanya tidak ada dua individu yang identik, keempat Beberapa variasi dalam spesies secara langsung memengaruhi kemampuan individu untuk bertahan dalam kondisi alam tertentu, kelima Sebagian menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara tn besar dari variasi ini bersifat turunan, keenam Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya, ketujuh Proses yang menyebabkan perubahan ini merus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya spesies baru.

   kedua, saya mendapatkan sumber dari Socrates, Peninggalan pemikiran Socrates yang paling penting ada pada cara dia berfilsafat dengan mengejar satu definisi absolut atas satu permasalahan melalui satu dialektika. Pengejaran pengetahuan hakiki melalui penalaran dialektis menjadi pembuka jalan bagi para filsuf selanjutnya. Perubahan fokus filsafat dari memikirkan alam menjadi manusia juga dikatakan sebagai jasa dari Sokrates.Manusia menjadi objek filsafat yang penting setelah sebelumnya dilupakan oleh para pemikir hakikat alam semesta. Pemikiran tentang manusia ini menjadi landasan bagi perkembangan filsafat etika dan epistemologis di kemudian hari.

    ketiga, sumber dari Alfred Russel Wallace , dia telah membantu charle darwin dalam penemuan disetiap perjalanan yang Alfred tempuh diceritakan kepada Charles, Wallace mengemukakan pemikirannya mengenai proses seleksi alam mempertahankan suatu spesies di dunia. Spesies yang mampu bertahan disebut Wallace sebagai hasil survival of the fittest atau yang paling memiliki kemampuan bertahan tidak akan punah.Itulah kerangka dasar pemahaman seleksi alam yang diletakkan Wallace saat itu. Akhirnya pemikiran itu menunjang teori evolusi yang dipopulerkan Darwin melalui bukunya The Origin of Species tahun 1859, satu tahun setelah penulisan makalah Wallace. Dalam pemikiran membuat Charles darwin semakin mengerti tentang pengetahuan nya tersebut.

   kesimpulannya, bahwa secara alamiah manusia tergantung pada kondisi alam. kondisi alam tersebut membuat terjadinya perubahan terhadap kehidupan manusia. dari jaman purba yang sangat jauh dari sekarang ini. dari ketiga sumber saling berhubungan dan menyatakan bahwa manusia sangat beragam dan manusia bereproduksi sehingga menurunkan keturunan nya. sekian dari kesimpulan yang saya dapakan dari isi materi ini. terima kasih telah membaca blog ini........ :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar