Sabtu, 05 November 2011

PENCEMARAN LINGKUNGAN : POLUSI UDARA

     Haaaaaaallloooooooooooooooo, kembali lagi saya akan menulis tentang pencemaran lingkungan yang telah terjadi selama ini di indonesia. berbagai macam bentuk pencemaran salah satu nya polusi udara. dan pada kali ini saya aka menulus beberapa info tentang pencemaran udara yang ada saat ini. 
     Yang saya amati saat ini yaitu semakin banyak nya pabrik - pabrik di kota-kota besar yang sudah cukup dipenuhi oleh manusia. ini adalah kesalahan besar karna, akan mengakibatkan pencemaran yang sangat merugikan kesehatan warga setempat. tidak hanya dikarnakan oleh pabrik, karna asap kendaraan juga termasuk dalam polusi udara.
     Industry selalu dikaitkan dengan sumber pencemar, karena industry merupakan kegiatan yang sangat tampak dalam pembebasan berbagai senyawa kimia kedalam lingkungan alam. Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Udara tersusun atas komponen-komponen gas utama nitrogen (N2), oksigen (O2), dan beberapa gas mulia serta jenis gas hasil kegiatan biologic dan kegiatan alami gunung berapi. Jadi, udara alami tidak pernaha dalam keadaan murni. Atmosfer dalam kenyataan merupakan system dinamik disamping watak nyata yang tidak berubah-rubah karena selalu saling bertukar alih dengan gas pembentuk udara secara berkesinambungan dari tumbuh-tumbuhan, kelautan dan makhluk hidup lainnya. Siklus gas dalam atmosfer mencakup berbagai proses fisik dan proses kimiawi. Berbagai jenis gas dihasilkan dari proses kimiawi di dalam atmosfer itu sendiri, proses biologic, kegiatan gunung berapi, peluruhan senyawa radioaktif dan kegiatan industry. Gas-gas ini juga disisihkan dari atmosfer oleh berbagai proses kimiawi, proses biologic dan proses fisik seperti pembentukan partikel, pengendapan dan penyerapan oleh air laut dan kulit bumi. Waktu tinggal suatu jenis molekul gas yang memasuki atmosfer berada dalam rentang hitungan jam hingga jutaan tahun yang bergantung pada jenis gas tersebut. Sebagian jenis gas dapat dipandang sebagai pencemar udara (terutama jika konsentrasi gas itu melebihi dari tingkat konsentrasi latar normal) baik gas yang berasal dari sumber alami atau sumber yang berasal dari kegiatan manusia (anthropologic sources)Alam dan kegiatan manusia serta industry membebaskan senyawa kimia ke lingkungan udara. Jika senyawa itu adalah asing untuk komposisi udara atau konsentrasi suatu jenis senyawa itu melebihi nilai ambang batas (TLV: threshold limit value), maka udara itu mengalami pencemaran. Pencemaran udara adalah peristiwa pemasukan dan/atau penambahan senyawa, bahan atau energy ke dalam lingkungan udara akibat kegiatan alam dan manusia, sehingga temperature dan udara tidak sesuai lagi untuk tujuan pemanfaatan yang paling baik atau nilai linggkungan udara itu menurun. contoh nya pabrik pembuat ban, sangat amat menyebabkan pencemaran udara. asap karet tersebut dapat merusak saluran pernafasan. 





 dapat dilihaaaat asap dari setiap pabrik terlihat sangat berbahaya sekali bagi kesehatan....

     setelah melihat beberapa info tentang polusi udara yg dikarnakan oleh asap pabrik sekarang saya akan membahas tentang pencemaran udara yg dikarnakan kendaraan dijalan raya yang selama ini malalu lalang. dapat diketahui bahwa kendaraan salah satu Dari berbagai sektor yang potensial dalam mencemari udara, pada umumnya sektor transportasi memegang peran yang sangat besar dibandingkan dengan sektor lainnya. Di kota-kota besar, kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%. Sedangkan kontribusi gas buang dari cerobong asap industri hanya berkisar 10-15%, sisanya berasal dari sumber pembakaran lain, misalnya dari rumah tangga, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan lain-lain. Kendaraan bermotor yang menjadi alat transportasi, dalam konteks pencemaran udara dikelompokkan sebagai sumber yang bergerak. Dengan karakteristik yang demikian, penyebaran pencemar yang diemisikan dari sumber-sumber kendaraan bermotor ini akan mempunyai suatu pola penyebaran spasial yang meluas. Faktor perencanaan sistem transportasi akan sangat mempengaruhi penyebaran pencemaran yang diemisikan, mengikuti jalur-jalur transportasi yang direncanakan. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan bahan bakar untuk  kendaraan bermotor dapat mengemisikan zat-zat pencemar seperti CO, NOx, SOx, debu, hidrokarbon juga timbal. Udara yang tercemar oleh zat-zat tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berbeda tingkatan dan jenisnya, tergantung dari macam, ukuran dan komposisi kimiawinya. Gangguan tersebut terutama terjadi pada fungsi faal dari organ tubuh seperti paru-paru dan pembuluh darah, ataumenyebabkan iritasi pada mata dan kulit.
Pencemaran udara karena partikel debu biasanya menyebabkan penyakit pernapasan kronis seperti bronchitis khronis, emfiesma paru, asma bronchial dan bahkan kanker paru-paru. Kadar timbal yang tinggi di udara dapat mengganggu pembentukan sel darah merah. Gejala keracunan dini mulai ditunjukkan dengan terganggunya fungsi enzim untuk pembentukan sel darah merah, yang pada akhirnya dapat  menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti anemia, kerusakan ginjal dan lain-lain. Sedangkan keracunan Pb bersifat akumulatif.
Keracunan gas CO timbul sebagai akibat terbentuknya karboksihemoglobin (COHb) dalam darah. Afinitas CO yang lebih besar dibandingkan dengan oksigen (O2) terhadap Hb menyebabkan fungsi Hb untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Berkurangnya penyediaan oksigen ke seluruh tubuh ini akan membuat sesak napas dan dapat menyebabkan kematian, apabila tidak segera mendapat udara segar kembali. Sedangkan bahan pencemar udara seperti NOx, SOx, dan H2S dapat merangsang pernapasan yang mengakibatkan iritasi dan peradangan. kita semua akan merasakan dampak buruk ini, dapat dilihat bahwa dampak polusi udara ini sangat banyak, merugikan dan juga mengerikan bukan????? tentu saja iya menurut saya.









     
     Dilihat dari isi materi diatas saya menyimpulkan betapa berbahaya nya pencemaran udara ini, dan pasti juga merugikan kita semua. semua ini sebagiam besar dikarnakan oleh asap kendaraan bermotor maupun mobil dan juga asap buangan darin pabrik contohnya pabrik karet, bad, tekstil dan sebagainya yang sanagt berdampak buruk. menurut saya, alangkah baiknya kita memulai mengendalikan lokasi untuk pembangunan pabrik yang baik agar tidak merugikan warga setempat.. tetapi cara yang sangat baik untuk mengatasi masalah ini yaitu berada dalam diri kita sendiri untuk menanam pohon di jantung kota, setiap pinggir jalan yang memiliki ruang cukup besar alangkah baiknya ditanami tanaman agar dapat mengurangi polusi udara yang sudah semakin berbahaya pada saat ini. dalam hal ini sangat dibutuh kan kerjasama dari setiap warga setempat.





     sekian informasi yang saya tulis ini, mohon maaf jikala ada salah kata atau pun kekurangannya. terima kasih teah membaca isi blog ini semoga bermanfaat bagi pembaca nya, terima kasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhh :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar