Gambaran/pengertian umum manajemen ritel yaitu, penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen. Manajemen ritel atau sering disebut dengan Eceran berasal dari bahasa perancis yaitu Retaillier, yang berarti ”Memotong menjadi kecil kecil” (Risch, 1991).Dengan kata lain, keseimpulan dari pengertian manajemen Ritel/Eceran yaitu, salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Organisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer. Pada prakteknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.
Adapun jenis penjual eceran, yaitu:
- Produk makanan
- peranti keras (perabot rumah tangga, elektronik, mebel, alat olah raga)
- peranti konsumsi (pakaian,dll)
*Retailing: aktivitas yang mengikut sertakan pemasaran barang dan jasa secara langsung kepada pelanggan.
Menurut Pintel dan Diamond (1971), Retail dapat di klasifikasikan dalam banyak cara, sebagai contoh Retail dapat di kelompokkan sesuai dengan aktivitas penjualan barang berdasarkan sebagai berikut:
- Ritel Kecil
- Ritel Besar
Strategi pemasaran ritel (retail) meliputi:
- pemilihan segment target pasar dan penentuan format ritel (retail)
- pengembangan keunggulan bersaing yang memungkinkan ritel (retail) untuk mengurangi tingkat kompetensi yang dihadapi.
Adapun 4 jenis straregi pertumbuhan ritel (RETAIL) sebagai berikut:
- penembusan pasar; meliputi usaha-usaha langung terhadap konsumen yang ada dengan menarik konsumen pada target pasar sekarang yang tidak berbelanja di tokonya untuk lebih sering mengunjungi toko tersebut atau untuk membeli lebih banyak barang pada tiap kunjungan.
- perluasan pasar; menggunakan format ritel(retail) yang ada dalam segmen pasar baru.
- pengembangan format ritel; meliputi penawaran format ritel (retail) baru, misalnya dengan menggunakan internet marketing atau e-commerce sehingga konsumen bisa berbelanja tanpa harus ke lokasi.
- diversifikasi.
- Alfamart
2. Matahari Departemen Store
3. Gramedia Book Store
http://id.wikipedia.org/wiki/Eceran
http://kartikagaby.wordpress.com/2013/06/19/pengertian-dan-manajemen-ritel/
http://adik-trikustanto.blogspot.com/2012/06/strategi-pemasaran-retail.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Perusahaan_ritel_Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar