Sabtu, 23 November 2013

LKP Bab I dan II : Pendahulan dan Tempat kerja praktek

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Pada saat ini teknologi di Indonesia sudah cukup maju dan  pesat, sehingga dengan kemajuan teknologi ini sangatlah mendorong penduduk Indonesia untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Disamping itu juga terlihat akibat dari kemajuan teknologi ini membuat penduduk Indonesia juga mengenal Internet.
Beberapa orang yang terinspirasi untuk membangun usaha dalam bidang teknologi seperti di bidang jasa Online ini berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa Internet pada saat ini sudah cukup dikenal dan juga sudah cukup dimiliki oleh setiap penduduk Indonesia. Maka karna itu, terinspirasilah bidang usaha menggunakan internet atau dapat disebut usaha bidang jasa Online.
Berdasarkan hasil studi pendahulan yang dilakukan di salah satu perusahaan jasa Online yaitu PT. City Directory Online dapat diketahui bahwa peluang usaha dalam bidang ini cukup menjanjikan. Dikarenakan memiliki konsep jasa yang cukup baik.

1.2  Materi Kerja Praktik
Ruang lingkup dari penelitian peluang usaha dan pelayanan ini hanya difokuskan kepada pengkajian kegiatan pengkajian kegiatan pelayanan usaha yang diberikan beserta peluang usaha yang dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha.

1.3  Tujuan dan Manfaat Kerja Praktik
Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengamati bagaimanakah peluang usaha dari bisnis jasa Online tersebut juga pelayanan yang diberikan untuk setiap customer. Sehingga pelanggan dapat lebih memahami akan usaha ini dan menginfokan bahwa usaha ini sangatlah menjanjikan. Dan bagi para calon pengusaha yang akan bergabung di usaha ini dapat memahami akan peluang usaha yang diberikan dan juga pelayanan apa yang diberikan dari usaha ini.


BAB II
TEMPAT KERJA PRAKTEK

2.1 Gambaran Umum Institusi
      Begitu pentingnya promosi dalam berbisnis atau sosialisasi dalam sebuah organisasi pemerintahan ataupun swasta adalah suatu hal yang wajib untuk memperkenalkan produk maupun mensosialisasikan program dan juga komunikasi konsumen dengan produsen juga sangat penting untuk membina hubungan yang lebih erat guna membangun kesejahteraan konsumen sehingga menjadi loyal dan memiliki keyakinan yang kuat akan suatu produk. Namun masih banyak perusahaan yang memahami pentingnya promosi dan sosialisasi tapi tidak berdaya untuk melakukan nya pada konsumen dengan alasan tidak memiliki biaya dan juga mahal terutama pada sektor perusahaan mikro, kecil dan menengah.
      Disini PT. City Directory Online hadir untu membantu para pengusaha untuk mempromosikan produk maupun jasanya agar bisa dikenal banyak orang di Indonesia agar tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan serta meningkatkan konsumen dan juga pendapatan.
      PT. City Directoy Online ingin lebih banyak berkontribusi untuk para pengusaha, dan dapat memberikan manfaat sehingga dapat membantu kesejahteraan pengusaha dalam usaha yang dikelolanya.
      Dengan pengalaman lebih dari 4 (empat) tahun dibidang Online dan aplikasi, saat ini PT. City Directory Online sedang melakukan pengembangan bisnis yang lebih luas. Dengan konsep bisnis advertising dan aplikasi bisnis yang dibutuhkan oleh banyak pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya dan menjalankan bisnisnya dengan sistem computer yang handal dan aplikatif.
      Untuk mengimplementasikan pengembangan bisnis ini, PT. City Directory Online membuat konsep baru yaitu konsep bisnis Online yang dijalankan dengan konsep Offline, yaitu City Directory Mall. Adalah agen dari PT. City Directory Online yang menjual produk-produk yang dimiliki oleh PT. City Directory Online. City Directory Mall juga menjadi kontribusi resmi yang mencari data directory di wilayahnya masing-masing.

2.2 Struktur Organisasi Institusi
      Dalam suatu organisasi perusahaan yang berkembang diperlukan suatu struktur organisasi untuk menggambarkan sebuah kedudukan dan juga funsi dari masing-masing pengelola bisnis ini. Hal ini berarti harus mencakup jabatan dan tugas masing-masing bagian serta hubungan yang dijalin antar pegawai satu dengan yang lainnya. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penggandaan tugas, kesalahan prosedur kerja, dan lain-lain. Bagan struktur organisasi PT. City Directory Online dijelaskan pada gambar 2.2 berikut.

2.3 Tugas dan Tanggung Jawab Masing – Masing Departemen
      adapun uraian fungsi atau tugasnya yaitu:
1.      General Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Menetapkan garis-garis besar kebijaksanaan perusahaan, menetapkan tujuan dan program kerja untuk seluruh kegiatan usaha sesuai dengan tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan dan tujuan fungsional. Serta mengadakan perubahan dan pembaharuan jika diperlukan.
·         Memiliki tanggung jawab yang sangat luas terhadap seluruh pegawai maupun kesejahteraan lainnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ada.
·         Dalam masalah kepegawaian direktur mempunyai hak untuk mengankat ataupun memberhentikan setiap pegawainya. Serta derektur berhak untuk menanyakan dan meminta pertanggung jawabannya atas setiap tugas yang diberikan pada pegawainya masing-masing.
2.      Finance Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
·         Mengalokasikan dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang optimal.
·         Mengendalikan keuangan perusahaan dengan mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana.

3.      HRD Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
·         Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan  karyawan sesuain dengan standard perusahaan.
·         Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.

4.      Marketing Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Menyusun strategi penjualan sesuai  pada pasar yang dituju.
·         Melakukan market survey untuk pengembangan produk dan pasarnya.
·         Membuat laporan kegiatan pemasaran dan menyampaikan kepada direksi.
5.      IT Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Mengamati proses pembuatan aplikasi juga komputer yang sedang dikerjakan pegawai.
·         Membantu tiap pegawai dalam menggunakan sistem komputer
·         Memeriksa apakah sistem aplikasi telah layak digunakan ataupun tidak.
6.      Development Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Mengamati pembangunan usaha.

7.      News Manager
Tugas pokok antara lain :
·         Menyebarkan berita pada pelanggan atau customer agar dapat mengetahui informasi dengan cepat.

8.      Operasional Business Opportunities
Tugas pokok antara lain :
·         Mengamati peluang bisnis yang dapat dimasuki usaha tersebut.
·         Menjalankan kegiatan operasional yang sesuai.
·         Bertanggung jawab atas segala kegiatan ataupun tugas yang telah diberikan.

9.      Operational City Directory Mall
Tugas pokok antara lain :
·         Menjalankan kegiatan atau tugas yang berkaitan dengan City Directory Mall
·         Bertanggung jawab atas segala kegiatan dan tugas yang telah diberikan.

10.  Operational WebsitePro
Tugas pokok antara lain :
·         Melaksanakan tugas dalam perancangan website pada PT. City Directory Online
·         Membuat aplikasi komputer

·         Mengamati koneksi jaringan komputer



                                    Gambar 2.2
STRUKTUR ORGANISASI PT. CITY DIRECTOTY ONLINE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar